Truk obesitas

Seimbang nggak? Budi Karya menyatakan akan secara tegas menegakkan aturan tersebut mulai 1 Agustus mendatang.

Menhub Janji Bakal Tertibkan Truk 'Obesitas'

Uang itu bisa kita pakai untuk membangun, dan itu sekarang kita gunakan untuk memperbaiki. Kementerian Perhubungan pun telah mengevaluasi pemanfaatan jembatan timbang. Kementerian Perhubungan sendiri telah melaksanakan sejumlah langkah penanganan kepada truk-truk 'obesitas' ini agar tak lagi menjadi beban di jalan.

Sebagai catatan, berdasarkan Pasal Undang Undang Nomor 22 Tahun tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, mengatur secara tegas bahwa modifikasi kendaraan bermotor adalah tindak pidana. Anggota dishub memeriksa Truk Tangki yang kelebihan ukuran muatan. Bayangkan," ujar Budi Karya seperti dipetik dari detikfinance.

Banyak truk dengan kapasitas 20 ton namun diisi dengan beban yang mencapai 40 ton. Dari total kendaraan tersebut, sebanyak 1.

Kepala Truk obesitas Masyarakat Humas Direktorat Jenderal Ditjen Perhubungan Darat dari Kementerian Perhubungan KemenhubPitra Setiawan menjelaskan, saat ini sudah banyak aturan yang melarang mengenai truk truk obesitas namun belum banyak yang tau soal over dimensi.

Tertibkan Truk ‘Obesitas’, Menhub Panggil Pengusaha Logistik

Dengan kebijakan baru Kemenhub, truk akan kembali mengangkut sesuai kapasitas 20 ton. Meski disebut ada sumbangsih dari buruknya desain flyover Kretek yang menjadi pemicu terjadinya lepas kendali kendaraan, namun muatan truk yang berlebih menambah peluang terjadinya sesuatu yang lebih buruk lagi.

Selama ini, truk over dimensi over load ODOL alias "obesitas" itu merusak jalanan sehingga menimbulkan kerusakan dan merugikan negara sampai Rp43 triliun.

Pengakuan Pengusaha: Ada 20 Ribu Unit Truk 'Obesitas' di Riau

Artinya hari ini badan usaha harus mengeluarkan biaya pemeliharaannya lebih besar dari yang seharusnya kalau tidak ada truk overload," katanya. Ditambah saat itu sedang terjadi krisis moneter sehingga keberadaan truk ukuran jumbo ini sangat membantu dunia usaha dan industri dalam mengurangi beban biaya logistiknya.

Tujuannya, agar jalur logistik baik darat, laut, maupun kereta memiliki biaya yang sama. Padahal, setiap tahun hanya menganggarkan Rp26 triliun untuk perbaikan jalan.

Jembatan Timbang di Bogor Tidak Beroperasi, Truk ‘Obesitas’ Bebas Melenggang

Dengan kebijakan ini diharapkan produktivitas kendaraan logistik semakin besar, mengingat kecepatan di jalan akan bertambah. Soal tanggapan adanya pengaruh pelarangan itu terhadap arus logistik yang terganggu, diakui Nurhadi, persoalan itu dibahas di tatanan institusi Pemerintah Pusat.

Bilamana dilakukan penindakan di jalan raya maka implikasinya terhadap arus logistik juga dinilai akan terganggu.

Padahal memodifikasi truk adalah tindakan pidana.

Jaring Truk Obesitas, 3 Jembatan Timbang Jadi Pilot Project

Sebelumnya, untuk memantau truk-truk obesitas Kemenhub juga sudah mengoperasikan lebih banyak jembatan timbang untuk memitigasi keberadaan truk-truk yang kelebihan muatan di jalan. Kemenhub tidak lagi melakukan denda karena dianggap tidak efektif karena hanya berupa hukuman pengemudi harus membayar Rp Makanya harus ada sinergi, antara masing-masing Ditjen di Perhubungan, termasuk ke Kemenkeu.

Untuk itu pemerintah ingin badan usaha ke depan secara tegas menolak setiap truk 'obesitas' yang berniat masuk ke jalan tol. Jangan ditunda-tunda lagi muatan berlebih.

Budi Karya menyatakan akan secara tegas menegakkan aturan tersebut mulai 1 Agustus mendatang. Kemudian, yang kami minta itu juga terkait kelas jalannya. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menjelaskan bahwa kerugian itu harus ditanggung pemerintah untuk memperbaiki jalanan yang rusak karena truk ODOL tersebut.

Belum lagi kalau kita bicarakan kerugian negara, puluhan triliun.JAKARTA, ancientmarinerslooe.com – Truk bermuatan lebih (overload) alias ‘obesitas’ masih banyak ditemui di jalanan.

Padahal langkah penanganan truk ‘obesitas’ sudah dilakukan selama bertahun-tahun mulai dari penerapan jembatan timbang, penghapusan denda hingga penurunan barang di tempat. Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setyadi Moerwanto mengatakan, keberadaan truk ‘obesitas’ ini Author: Redaksi 11/20/ · Truk 'obesitas' diminta tak lewat Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

(Agung Pambudhy/detikcom) Bekasi - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta truk Over Dimensi dan Overload (ODOL) tidak Author: Isal Mawardi. Kementerian Perhubungan memberikan sanksi bagi pelaku usaha truk yang bermuatan lebih atau Over Dimension Over Load (ODOL).

Mulai 1 Agustustruk obesitas yang melintas di jalan tol akan dibongkar. Tindakan tegas ini merupakan langkah pemerintah dari.

PEKANBARU - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai mengaktifkan jembatan timbang untuk menghitung muatan kendaraan guna mengatasi kendaraan kelebihan muatan. 4/30/ · Tarif Tol Turun, Truk 'Obesitas' Tak Bisa Lagi Sembarangan Masuk. ancientmarinerslooe.com - Jakarta. Rencana pemerintah menurunkan tarif tol akan dibarengi dengan aturan beban muatan yang diangkut kendaraan logistik.

Kemenhub Tambah Jembatan Timbang di Banten Antisipasi Truk ‘Obesitas’

Kendaraan golongan II ke atas tidak boleh lagi kelebihan muatan alias overload saat masuk tol. Aptrindo Minta Presiden Terpilih Bisa Tuntaskan Masalah Truk Obesitas. Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) berharap kepada presiden terpilih bisa menyelesaikan masalah truk over dimension over load (Odol) atau dikenal dengan truk obesitas.

Read More. Minggu, 21 April - WIB.

Truk obesitas
Rated 3/5 based on 3 review